Bakti Sosial HMA-PNUP 2023

Bakti Sosial HMA-PNUP 2023

Penulis: Nur Adya Zabrika Utari (Anggota Dept. Hubungan Masyarakat)

Bakti Sosial 2023 HMA-PNUP dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2023 di Panti Asuhan Al Bahri yang beralamat di Jl. Tidung 10, Kota Makassar. Kegiatan Bakti Sosial ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa tolong menolong antar sesama manusia dan memberikan hal positif terkususnya orang-orang yang tinggal di panti asuhan tersebut. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan berbagai agenda.

Kegiatan pertama dilakukan yaitu pembukaan yang dipandu oleh MC, sambutan-sambutan dari beberapa pihak dan membaca doa bersama. Setelah itu, kegiatan yang dilakukan oleh Panitia ialah bermain games dan bernyanyi dengan adik-adik panti yang ada di sana. Ada beberapa games yang dimainkan oleh adik-adik panti diantaranya, lomba balap kelereng, lomba memasukkan paku dalam botol serta lomba menggambar yang dipandu oleh MC non formal. Dengan adanya kegiatan games ini kita dapat melihat senyum dan kebahagiaan yang dirasakan oleh adik-adik di sana. Dengan melihat senyuman mereka, kami pun juga ikut bahagia karena masih bisa meluangkan waktu untuk terus berbagi kebahagiaan.

Panitia juga membuatkan workshop untuk pengurus panti dengan tujuan diadakannya workshop ini yaitu agar pengurus panti bisa dapat mengetahui bagaimana pencatatan secara akuntansi dan membuat laporan keuangan, dikarenakan data yang didapatkan bahwa selama ini pengurus panti tidak tau cara membuat laporan keuangan dan hanya melakukan pencatatan biasa saja. Selain itu, panitia juga memberikan edukasi kepada adik-adik panti mengenai perilaku hidup dan sehat.

Selain bermain games dan workshop kebersamaan lain yang dilakukan yaitu makan bersama, saling berbincang dengan pengurus panti dan adik-adik di panti. Kami pun juga turut sedih mendengarkan cerita hidup adik-adik disana, bagaimana mereka bisa tinggal disana, bagaimana orang tua mereka menitipkannya disana, hingga ada beberapa bayi yang masih berumur kurang dari setahun yang sudah dititipkan di panti tersebut.

Kegiatan lain yang menyentuh hati kami pun saat memberikan hadia juara lomba kepada adik-adik yang telah memenangkan games. Girang dan tawa mereka sangatlah terlihat jelas saat menerima hadiahnya. Tetapi bukan hanya pemenang lomba yang mendapatkan hadia, kami pun juga memberika hadiah kepada adik-adik yang tidak mendapatkan juara supaya kebahagiaan yang kami berikan merata. Banyak tetesan air mata yang mengalir dari mata kami saat adik-adik diarahkan menulis harapan mereka di pohon harapan yang panitia buat. Hati kami pun tersentuh membaca harapan-harapan dari adik-adik disana, adik-adik panti pun tidak luba mengucapkan terimakasih kepada panitia-panitia dan berharap kelak kami akan berkunjung lagi ke tempat mereka. kami pun memberikan sedikit sedakah berupa uang tunai, sembako, peralatan sekolah untuk adik-adik dan pakaian yang diterima langsung oleh pengurus panti.

Akhir kata penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Panitia Bakti Sosial, Koordinator DPM-Ak dan jajarannya, Ketua Umum PHO HMA-PNUP Periode 2022-2023 dan jajarannya serta pihak yang turut andil mensukseskan kegiatan Bakti Sosial ini.

Semoga kegiatan ini meninggalkan kesan yang indah dan ada hal positif yang bisa kita dapatkan dalam kegiatan Bakti Sosial ini.

Terlahir Untuk Satu



#HUMAS_ZABRIKA

3 thoughts on “Bakti Sosial HMA-PNUP 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *